Sabtu, 19 Januari 2013

Enak

Di sini Makanan yang paling Enak apa?
Di sini nyari makanan yang Enak di mana?

Itu kadang pertanyaan yang terucap dari teman-teman pendatang...
Pertanyaan yang kadang membuat saya bengong, tidak segera menjawabnya

Mungkin jika maksudnya makanan khas dari sini yang enak apa, maka saya bisa langsung memberikan alternatif pilihan dari ; mendoan, getuk goreng, soto sokaraja, soto bonjok, soto sekengkel, soto kecik, bakmi gareng, tahu masak atau ketupat tahu, dll, dan bahkan sisi enaknya pun sebenarnya relatif,

kadang berpikir lama juga ketika seorang teman bertanya, sudah nyobain bakso yg disana belum?
bagaimana rasanya? kalo sama bakso x gimana?

karena semua serba relatif...
ketika bakso a saya bilang enak, bukan berarti bahwa saya ahli masakan, atau tukang jajan kuliner yg berpengalaman, bisa jadi karena ketika membelinya disaat saya benar-benar kelaparan, sehingga makanan apapun akan terasa enak disaat-saat seperti ini.

atau mungkin karena jarangnya saya makan makanan jenis itu sehingga saya kurang punya pembanding.

atau karena terbiasa memakan masakan sederhana sehingga ketika mencoba makanan dengan nama yang jarang yang saya dengar apalagi saya makan maka saya akan menganggapnya itu makanan spesial (bagi saya) dan otomatis alam bawah sadar saya akan memberi sugesti bahwa itu adalah enak (spesial).

atau karena saya di traktir, hmm... meski kadang terbersit rasa tidak enak karena  belum tentu saya bisa balas atau berkesempatan mentraktrirnya kembali tapi ketika mengetahui bahwa mereka lebih senang jika menerima pemberian tulus mereka, maka tidak ada hal yg lebih pantas untuk dikatakan selain memuji makanan dan berterima kasih padanya. 

atau saya yang mencoba berusaha selalu mensyukuri setiap makanan yang saya makan, entah itu enak atau tidak,

dan apapun makanannya....jangan lupa adabnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar